KETIKA memulai tulisan ini, tiba-tiba saya kembali terkenang pengalaman menyaksikan konser Super Show 3 di Singapura, Januari 2011. Kala itu, Kyuhyun vokalis utama dan mulai naik daun karena sukses menjadi penyanyi OST drama King of Baking, Kim Tak Goo. Tapi nggak menduga bahwa popularitas dia begitu luar biasanya. Selain Siwon, teriakan terbanyak praktis untuk si bungsu ini.

Kyu sendiri memanfaatkan momen waktu itu dengan suara indahnya yang lembut, melambung, dan menusuk hati, dan tentunya dengan berpakaian ala Kim Ju Won dari Secret Garden yang dimainkan Hyun Bin.
Perputaran waktu telah membawa perubahan pada banyak hal didiri pemilik nama lengkap Cho Kyuhyun ini. Gaya malu-malu Kyuhyun seperti saat tampil di Intimate Note, nyaris tak lagi ditemui. Apalagi dia juga tampil di Immortal Songs 2, yang membuat Kyu mendapat cakrawala baru soal dunia hiburan.

Bandingin deh saat dia masih di Super Junior Foresight, dengan saat dia tampil menawan bersama Kim Gura dkk di MBC Radio Star. Si magnae Kyu, telah berkembang dewasa dan makin mempesona. Dan yang paling mengejutkan tentu saja gaya Kyu yang sangat berbeda saat tampil di drama Catch Me If You Can, Kyu terlihat fun, lepas, dan bergerak nyaman di atas panggung musikal. Terbayang, tentang aktivitas solo Kyu yang akan sangat banyak di masa-masa mendatang dan terbayang soal Kyuhyun entertainer berbakat yang mungkin kelak main drama ataupun film.

Di Super Junior, dan K-Pop pada umumnya, mungkin cuma segelintir magnae yang sangat cuek. Kyu salah satunya. Evil Kyu julukannya, karena gemar berkata-kata tajam dan membuat para hyung (kakak) kewalahan. “Kalau adamagnae paling enak ya dia ini. Kadang dia tidak minta dengan sopan (selayaknya magnae). Dia tinggal bilang hyung mau makanan itu, baju ini,” jelas Eunhyuk. Herannya tetap saja para Hyung nggak bisa marah dan kelihatannya makin sayang.
Apa rahasianya? Semua itu itu bukan tanpa sebab. Posisi Kyuhyun di SuJu ibarat permata, datang terakhir dan menyempurnakan kerekatan dan keutuhan grup. Sebelum dapat enak-enaknya seperti sekarang, susah-susahnya juga pernah Kyuhyun rasakan. Diomeli, disuruh-suruh, tidak punya tempat tidur selama berbulan-bulan, dan sebagainya.
Tapi Kyuhyun punya suaranya yang dibutuhkan Suju. Kyuhyun juga pernah membuat anggota menangis, khawatir, dan mungkin nggak bisa tidur karena kecelakaan maut yang nyaris merenggut nyawanya. Untungnya Kyuhyun bertahan dan SuJu menyambut kembalinya Kyuhyun dengan sukacita.

Dalam pemulihan kondisi, Kyuhyun juga tetap melanjutkan aktivitasnya bersama grup. Nggak herankan kalau kemudian para hyung jadi sayang banget? Bagi yang mengikuti dengan teliti perkembangan SuJu saat promosi lagu Bonamana, Kyuhyun pernah absen karena operasi telinga. Posisi kosongnya seperti meninggalkan “kehampaan” dihati ELF dan tentu saja sesama personel. Saat itu banyak orang menjadi terbuka matanya, si bungsu memang punya power. Suara, kharisma, bakat, dan perekat kekompakan. Makin kelihatan lagi, tiap menerima trofi, Leeteuk dkk meneriakan nama Kyuhyun dan berharap dia cepat sembuh.

Bakat menyanyinya ini juga membuat Kyuhyun hampir ada disetiap langkah SuJu dan SM Entertainment. Dia ada di subunit Super Junior KRY, Super Junior M, SM The Ballad, dan mungkin subunit-subunit lainnya. Oh, kalau kita iseng-iseng lihat video Lost Boy in City atau di video-video lain SuJu, Kyuhyun tampak jelas mengidolakan para hyung.
Mungkin sekarang sebaliknya, para hyung yang mengidolakan dia. Siwon misalnya, pernah mengabadikan foto-foto mesranya dengan Kyuhyun,hehehe. Meski bergabung terakhir, dedikasi Kyuhyun untuk SuJu sama besarnya dengan anggota lain. Kalau sekarang banyak orang menunggu apalagi yang akan dilakukan Kyuhyun, mungkin tidak salah adanya. Itu semua karena Kyuhyun memang disayang para hyung dan dicintai para ELF.

 

 

Credit: tabloidbintang

Posted by: Dhikae@Shinningsuju.wordpress.com

Re-posted by: kimbyen

Take Out With Full & Proper Credit