Pertanyaan ini terlintas di dalam pemikiranku hari ini ketika banyak orang-orang yang baru ku kenal mengaku dirinya sebagai seorang ELF (EverLasting Friend). Aku cukup terkejut ketika aku melihat bahwa semakin banyak orang yang mengaku dirinya sebagai ELF-newbie, biasanya mereka mengawali menjadi ELF karena menyukai salah satu anggota yang ada di dalam Super Junior, mulai mencari tahu semua tentang biasnya dan memahaminya, Ia pun mulai mengetahui bahwa orang yang dikaguminya adalah bagian dari Super Junior yang mempunyai nama fandom bernama EverLasting Friend atau disingkat sebagai ELF. Barulah Ia mengecap dirinya merupakan bagian dari ELF.

Dan aku pikir orang-orang seperti mereka masih memiliki jalan panjang untuk menjadi seorang ELF. Aku tahu bahwa aku tidak punya hak untuk menilai apakah seseorang pantas di sebut sebagai ELF ataupun tidak, tapi ini hanya pendapatku, aku juga bukan orang yang naif, karena aku mengalami hal serupa seperti mereka beberapa tahun silam.

Sejujurnya, aku juga tidak terdaftar sebagai ELF resmi di situs Super Junior. Aku bukan tidak tahu bagaimana untuk mendaftarkan diri atau tidak ingin mengusahakannya, tetapi aku sadar bahwa aku merasa belum pantas menjadi ELF resmi.  Aku juga tahu di antara kalian yang membaca postingan ini tidak semuanya terdaftar, bahkan bisa jadi kita semua yang ada di sini belum terdaftar sama sekali, tapi kita masih menyebut diri kita sebagai ELF ‘kan?

Menurutku, mendengarkan lagu Super Junior, membeli album mereka, mencari tahu berita mereka, menghadiri acara mereka bahkan mengikuti mereka kemana-pun dll, bukanlah hal yang menentukan apakah Aku seorang ELF ataupun tidak. Aku pikir apa yang membuat aku menjadi ELF adalah selama aku mecintai dan memahami Super Junior mulai dari Leeteuk sampai dengan Henry, semua dari 15 lelaki itu.

Meskipun aku merasa sulit pada awalnya untuk mencintai beberapa anggota lainnya, aku sekarang memiliki alasan untuk mencintai mereka semua. Aku menyukai ikatan persaudaraan mereka, kedekatan mereka, skin-ship mereka dan semua hal yang mereka lakukan. Dan ini bukanlah hal yang sederhana. Untuk mencintai mereka tentu saja kalian perlu untuk mengenal terlebih dahulu, dan itu cukup melewati proses panjang bagiku yang mulai mengenal Super Junior sejak empat tahun lalu, dan sayangnya tidak tepat setelah debut mereka, bagaimana denganmu?

Semua ini berlalu dengan senyum, tawa dan tangisan dan semua orang tahu bahwa mereka telah membuat cinta seorang fans akan semakin tumbuh untuk mereka. Justru ketika kau mengenal mereka lebih baik, kau akan lebih mencintai mereka lagi. Aku pikir bahwa untuk menyebut dirimu sebagai ELF, kalian perlu mengetahui luar-dalam dari mereka dan mencoba untuk memahami mereka, tidak hanya karena kalian ingin terlihat baik atau menikmati lagu-lagu mereka.

Tak ada seorang ELF yang memuja bias tercintanya di Super Junior, tetapi mencela anggota lain Super Junior karena kelemahan yang Ia punya.

Tak ada seorang ELF yang mengatakan bahwa dirimu ELF sebelumnya dan setelahnya kau mengatakan bahwa dirimu adalah mantan-ELF sekarang, setelah kau mengetahui kelemahan atau kejelekan dari fandom ini, hingga kau menjadi benci terhadap ELF.

Tak ada seorang ELF yang menyatakan dirinya sebagai ELF ketika Super Junior telah berada di posisi atas, tetapi kau akan merubah fandom-mu ketika Super Junior telah kehilangan popularitasnya.

Tak ada seorang ELF yang merendahkan fandom lain dan membanggakan fandomnya sendiri tanpa melihat konsekuensinya, Super Junior tidak pernah mengajarkan kalian untuk menjadi orang yang angkuh!

Tak ada seorang ELF yang rela memilih untuk meninggalkan Super Junior dan membuang sebutan ‘ELF’ pada dirinya hanya untuk mengganti sebutannya dengan fandom lain.

Tak ada seorang ELF yang membuang semua kenangannya bersama Super Junior hanya karena ingin menyimpan kenangan barunya dengan orang/grup lain.

“Jika kamu tidak dapat menerima semua dari 15 anggota, lalu ELF macam apa kau?” – Heechul

Baiklah, siapa yang butuh ELF seperti itu? Seorang ELF yang tidak mengetahui Super Junior dengan baik, seorang ELF yang tidak menghargai pengorbanan yang dilakukan oleh Super Junior untukmu, kau tidak mengetahuinya ‘kan? Karena kamu tidak akan pernah mengerti mereka dan kamu tidak tahu mereka dengan baik. Jadi, jangan pernah menyebut dirimu sebagai ELF ataupun mantan-ELF jika kamu tidak layak mendapatkannya.

Super Junior telah berada di bawah naungan SMent selama 6 tahun. Mereka bahkan tetap ada dan bersabar terhadap perlakuan buruk SMent terhadap mereka selama 6 tahun dan ini bukanlah waktu yang singkat. Super Junior tidak pernah menyalahkan SMent sepenuhnya, karena mereka tahu, mereka harus berdiri untuk ELF.

Selama bertahun-tahun aku telah menjadi bagian dari fandom ini, tidak pernah mereka membuatku merasa bahwa aku hanya seorang penggemar belaka. Apa yang mereka buat padaku selalu merasa bahwa ‘Aku adalah seorang ELF‘ – teman abadi dari Super Junior. 

“Aku selalu suka caramu membuatku seperti orang idiot hanya dengan memandang fotomu”

“Hanya ELF yang menyebut ‘Believe’ sebagai 13elieve dan ‘promise’ sebagaiProm15e

“Disamping hari ulang tahunku, disana ada hari yang spesial setiap tahun, 6 November

“ELF adalah keluargaku, Sapphire Blue adalah darahku, Super Junior adalah nafasku”

“Hanya ada kesempatan dua kali aku ingin bersama dengan Super Junior,Sekarang dan Selamanya

“Aku adalah seorang ELF dari hati, pikiran, darah dan jiwa”

“Bagaimana aku bisa lelah menjadi ELF, jika aku tidak hanya mendapatkan 1 senyuman melainkan 15 senyuman manis dari mereka”

“Super Junior adalah candu-ku”

“Super dan Junior adalah dua kata yang biasa. Tetapi ketika di kombinasikan, ini akan menjadi arti yang luar biasa”

“Super Junior bukanlah grup yang sempurna dan begitupula dengan ELF. Tetapi ketika mereka bersama semua menjadi terlihat sempurna”

“Tidak sulit untuk jatuh cinta dengan Super Junior. Sebenarnya ini hal termudah untuk dilakukan”

“Jika kamu tidak dapat menerima kehadiran Zhoumi dan Henry, jangan sebut dirimu sebagai seorang ELF”

“TIDAK BUTUH MENJADI ELF DARI AWAL, KAMU HANYA BUTUH MENJADI ELF SAMPAI AKHIR!” – Siwon

Tidak apa jika kamu adalah seorang ELF-newbie, tidak apa jika kamu belum mengetahui segala hal tentang Super Junior, tidak apa jika kau baru saja bergabung bersama the biggest fanclub ini, tidak apa jika kau masuk menjadi bagian keluarga ini dengan segala ketidak-sempurnaan yang kau punya.

Tetapi, satu hal yang dapat kamu lakukan adalah berjalan dengan jarak sepanjang apapun yang kamu bisa bersama Super Junior.

Dan ketika kamu masih punya kesempatan untuk tetap mencintai mereka, cintailah mereka dengan segenap hatimu.

Sapphire Blue akan menjadi warnamu dan selamanya itu akan menjadi warnamu.

Ini adalah fandom kita bersama, ini adalah keluarga kita♥

Tak ada orang yang berhak untuk mengatakanmu tidak pantas sebagai ELF selama kau bangga menjadi bagian dari fandom ini.

Dan pada akhirnya, jika kamu merasa layak disebut sebagai ELF sesungguhnya, kamu tidak akan pernah meninggalkan keluarga ini♥

“ELF sangat bodoh, karena mereka semua hanya mengenal Super Junior. Dan aku juga bodoh karena telah mencintai mereka.” – Donghae

Its not an End but an And ♥

Once an ELF, Forever an ELF.

*NO BASH PLEASE!!

 
Thank’s to: Classik E.L.F | iamjaceyandlovesuju
Posted by: Dhikae@Shinningsuju.wordpress.com
Re-Posted by kimbyen
TAKE OUT WITH FULL & PROPER CREDIT