Menurut arti namanya, Yesung disebut sebagai satu – satunya pemilik art of voice, kemampuan yang terang – terangan membuat Hangeng iri, kerap memuji  suaranya yang dinilai unik dan sempurna sebagai seorang penyanyi. Dia sering dijuluki Cloud Prince atau bahkan sering diolok dan dijuluki Big Head oleh para ELF sendiri, bernyanyi dengan suara malaikatnya diatas panggung sungguh memukau. Dia adalah anak yang kurang memahami masalah komunikasi, kadang pendiam tapi ada kalanya mampu menghadirkan suasanan menyenangkan.

Di satu sisi, ia bersyukur ketika menerima pujian, di sisi lain tak sungkan menunjukan ekspresi sedih ketika ia rindu orang tuanya, dia tipe orang yang memiliki hati besar bahkan setelah disakiti oleh para fans, yang telah tumbuh besar bersama dengan SUPER JUNIOR, diam-diam ia memiliki kontribusi penting dalam grup,  menjadi teman yang baik bagi seluruh anggotanya.

(Ketika) pertama mengenal Super Junior, Yesung sama sekali tidak meninggalkan kesan. Di antara Hankyung, Heechul dan anak-anak lainnya, dia tidak menonjol. Dalam MV dan program-program, dia adalah sosok yang selalu duduk diam di belakang anggota lainnya, kehadirannya sering luput dari semua orang. Namun, setelah KRY dibentuk, aku perlahan mulai mengerti dan mengenal dia jauh lebih baik, Yesung memang terlahir untuk bernyanyi, ia menjelma menjadi seorang bintang diatas panggung dengan mengasah pengalaman dan bekerja keras.

Suara-nya, Keseksian yang termasuk kasar dan belum mulus, bahkan ketika bernyanyi dalam grup, ia masih mempertahankan keunikannya tersebut, dan itulah yang membuatnya meninggalkan kesan mendalam. Tidak peduli apakah itu live, dance, ballad, dll, suaranya sudah terlanjur memiliki pesona tersendiri. Mungkin inilah yang menyebabkan Yesung menjadi satu satunya anggota yang membuat Hangeng sangat iri !

Aku masih ingat, mungkin tak terhitung berapa kali Hangeng  bercerita di hadapan wartawan tentang Yesung, dan pada setiap kesempatan yang ada, ia selalu berbicara tentang suaranya yang unik dengan nada kagum. Salah satunya terjadi di saat pesta ulang tahun ketika Hangeng memperkenalkan diri, ia mengatakan bahwa ia Hangeng”art of voice” Meskipun ia berkata dengan bergurau, tapi hal itu telah cukup menunjukkan rasa iri dan kekaguman Geng untuk Yesung

Aku selalu berpikir bahwa Geng dan Yesung adalah tipe yang sama, keduanya memiliki kepribadian yang “kaya” tapi berbeda. Mereka tenang, hangat, lembut, sangat menyenangkan ketika mereka bercanda, iseng ketika mereka menggoda orang lain, ekspresi sedih ketika mereka merindukan anggota keluarga, berbagi perasaan secara terbuka dengan anggota lain, tersenyum ketika mereka melihat fans, diam-diam mentolerir ketika mereka secara tidak sengaja terluka oleh fans. Mereka anak – anak mandiri, mereka seusia dan menikmati lingkungan yang damai.

Aku merasa, Hangeng menyukai fakta bahwa baik dirinya maupun Yesung lebih memilih berdiri di belakang anggota lain, diam – diam melindungi dan menjadi panutan sebagai seorang “kakak tertua”. Sehingga setiap kali orang melihat Hangeng, secara kasat mata mereka juga melihat bayangan Yesung dalam dirinya.

Yesung sering meletakan tangannya di bahu Hangeng, memasang foto mereka berdua di CY naik ke panggung untuk mengumpulkan hadiah sambil berpegangan pada pinggang HanGeng’s .

Selama masa promosi twins, setiap kali seseorang bertanya tentang pretty boy di grup, semua orang akan menunjuk ke Heechul, tapi Cuma Yesung yang akan menunjuk tangannya ke HanGeng. Setiap kali orang berbicara tentang  best dancer dalam grup, Yesung akan langsung menyebut nama “HanGeng “, bahkan selama pertandingan, ia akan berjuang untuk Geng, mencegah anggota lainnya sengaja membiarkan Geng menerima hukuman!

Bahkan dalam potongan – potongan video, kita dapat melihat kasih dan perlindungan Yesung untuk Hangeng. Adapun Geng, dia sangat menyukai Yesung yang hanya terpisah beberapa bulan darinya. Mereka juga sama – sama mendapat peran sebagai babysitter untuk member yang lain. HanGeng mengatakan dalam wawancara yang tak terhitung jumlahnya tentang Yesung yang memiliki suara artistik. Sebelum mereka naik panggung debut baik Geng maupun Yesung sering curhat satu sama lain. Geng juga mengucapkan selamat ulang tahun di Cina pada siaran, merayakan ulang tahunnya dengan Yesung, ia bahkan bermain bersamanya dan Donghae di acara CK!

Mereka seperti dua orang dengan daya tarik yang sangat berbeda namun mengalir pada gelombang yang sama, dan memiliki perasaan yang serupa.

Selama periode promosi TWINS, setiap kali itu wawancara dengan Geng, Yesung akan berdiri diam-diam di sisinya dan mendengarkan kata-katanya. dan ketika mikrofon diarahkan Yesung, ia akan menyebut dirinya pangeran dari Cina. Ulang tahun Geng di 2006, ketika anggota mengerjai HanGeng sampai dia jatuh, Yesung orang pertama yang mengulurkan tangannya dan menarik HanGeng bangun. Summer SM TOWN 2006, mereka dan Jaejoong saling berdekatan, penuh senyum dan bermain lelucon dengan lepas satu sama lain.

Seiring dengan berjalannya waktu, pengalaman, bertambahnya usia Keduanya menjelma menjadi sosok yang lebih karismatik, menjadi jauh lebih menarik, dengan kemampuan lebih untuk merebut simpati hati masyarakat.

Keduanya, bagaikan bumi dan langit yang tak pernah memiliki ujung dan selalu berkembang, tak henti-hentinya menanjak naik ke langit, menampilkan bakat masing-masing menjadi matahari diatas panggung, memancarkan pesona mereka yang unik, membius semua orang dengan karisma mereka, aku tidak pernah mau melewatkan kesempatan memperhatikan perkembangan keduanya.

Keduanya setenang awan, lembut, tapi sering berubah, mereka dua pria dengan pesona luar biasa, memiliki kejujuran dari sisi yang berbeda, dicintai oleh usia, yang telah berkembang menjadi lebih karismatik dan mempesona dengan kerja keras.

Aku percaya bahwa di masa depan mereka akan berkembang menjadi manusia yang lebih sempurna, yang tidak kalah dalam aspek apapun, mereka akan berpegang pada mimpi mereka dan mereka tidak pernah menyerah dan terus berjalan maju.

Aahhh Han, andai kau mau lebih bersabar lagi…dan Kibum-ah, seandainya kau mau membagi waktumu antara drama dan menyanyi seperti Siwon,…kami semua merindukan kalian, sangat sangat merindukan kalian.

NOTE : Entah kenapa artikel ini bikin aku berkaca-kaca, aku kangen lihat HanGeng kumpul lagi sama SJ. Kangen saat Hangeng selalu di kerjai dan di olokin member SJ karena bahasa Koreanya masih campur aduk dengan aksen Cinanya, kangen saat ngeliat Hangeng tertawa bersama member lain. Yah meskipun Hangeng adalah couple-nya Heechul, jujur aku gak nyangka kalo justru Yesung lah orang yg paling di irikan sama Hangeng, gitu juga Yesung meskipun dia satu dorm dengan Eunhyuk dan Sungmin tapi dia selalu nunjuk Hangeng saat ada yg nanya siapa penari terbaik dan pretty boy di SJ.

Oh Tuhan bisakah kau mengabulkan doa kami para ELF sedunia untuk mereka bisa berkumpul kembali, meskipun mereka tidak bisa lagi menjadi satu dalam grup Super Junior tapi paling tidak biarkan mereka satu panggung dan bersama menyanyikan salah satu lagu saat mereka masih ber-13, dan biarkan SJ-M satu panggung dengan formasi awal dimana Han menjadi leadernya. Kami semua ikhlas meski mereka tampil tidak lebih dari 5 menit, kami hanya ingin melihat mereka berkumpul kembali dengan lengkap, 13+2 +ELF = 1. Semoga doa sederhana ini engkau dengar Tuhan…amin.

 

baca artikel ini aku kangen banget sama hangeng ketika dia masih bersama super junior, tapi apakah dia bisa balik lagi menjadi anggota super junior?

Original article by geryhuang@blog.sina.com
Translated from Chinese to English by tjh246@sj-world.net
Via : Starjunior
Note by Dita @Shinningsuju.wordpress.com
Posted by. Dita@Shinningsuju.wordpress.com

kimbyen »kimab710«
TAKE OUT WITH FULL & PROPER CREDITS